Elkan Baggott Tidak Dipanggil Membela Indonesia

Bagikan

Shin Tae-yong memastikan tidak akan memanggil Elkan Baggott pada Ronde Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 mendatang. Ini meskipun Justin Hubner dipastikan absen pada laga pertama melawan Arab Saudi pada September mendatang.

Elkan Baggott Tidak Dipanggil Membela Indonesia
Elkan Baggott saat membela Indonesia.

 

Masih Kecewa

Hal tersebut diketahui melalui Ketua BTN (Badan Tim Nasional) Indonesia, Sumardji. “Kalau berkaitan dengan Elkan Baggott, dari 26 pemain timnas Indonesia saat ini yang dipanggil, memang tidak ada nama dia,” ujarnya saat diwawancara pada hari Senin kemarin. “Saya tidak tahu alasan pasti kenapa dia tidak dipanggil. Tapi kalau dugaan saya, itu terkait alasan teknis. Dan tentunya jika itu berkaitan dengan teknis, kami tidak bisa ikut campur,” pungkasnya.

Ini merupakan kali kedua Shin tidak memanggil Elkan ke skuadnya. Sebelumnya, ketika Ronde Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 menghadapi Irak dan Filipina pada 6 dan 11 Juni lalu, Shin juga tidak memanggil Elkan. Hal ini diduga lantaran Shin kecewa kepada Elkan yang tidak memberikan jawaban saat Indonesia U-23 menghadapi Guinea pada laga Play-Off Olimpiade 2024 di Paris pada 9 Mei lalu. Sejak saat itu, Shin belum pernah lagi memanggil Elkan ke timnas.

Masih Memiliki Stok Bek Tengah yang Melimpah

Elkan Baggott Tidak Dipanggil Membela Indonesia
Justin Hubner akan absen melawan Arab Saudi.

 

Para penggemar sepak bola sendiri menanyakan keberadaan Elkan karena situasi Hubner. Pasalnya, Hubner harus menjalani hukuman akumulasi kartu kuning. Dia menerima kartu kuning saat Indonesia menang 1-0 melawan Vietnam pada 21 Maret dan menang 2-0 melawan Filipina pada 11 Juni lalu. Akibatnya, dia dipastikan absen pada laga pertama Ronde Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Arab Saudi.

Walau begitu, pundit sepak bola banyak yang meyakini jika kehadiran Elkan tidak diperlukan. Indonesia masih memiliki stok bek tengah yang melimpah. Termasuk di antaranya adalah Jordi Amat, yang sudah terbebas dari hukuman yang sama setelah harus absen pada laga melawan Filipina. Lalu ada juga Rizky Ridho, Muhammad Ferarri, Jay Idzes, serta dua pemain yang bukan murni bek tengah namun juga digunakan oleh Shin di posisi tersebut, Tjoe-A-On dan Sandy Walsh. Menarik bagaimana nantinya skuad Indonesia nanti pada September mendatang.

Simak informasi sepak bola terbaru secara lengkap di shotsgoal.com.