Manuel Neuer Memutuskan Pensiun dari Jerman

Bagikan

Manuel Neuer mengumumkan jika dia resmi pensiun dari timnas Jerman. Dia meneruskan gelombang pensiun yang terjadi di timnas Jerman dalam beberapa bulan ke belakang.

Manuel Neuer Memutuskan Pensiun dari Jerman
Manuel Neuer saat membela timnas Jerman.

 

Menyusul Beberapa Koleganya

Pengumuman Neuer ini membuatnya mengikuti jejak beberapa pemain Jerman yang melakukan hal yang sama. Hari Senin lalu, Ilkay Gundogan sudah mengumumkan hal yang sama. Bulan lalu, dua pemain, Thomas Muller dan Toni Kroos, juga mengumumkan jika mereka sudah pensiun. Bahkan, Kroos bukan saja cuma pensiun dari timnas Jerman. Kroos akan pensiun bermain sebagai pesepak bola.

Manuel Neuer Memutuskan Pensiun dari Jerman
Toni Kroos sudah memutuskan pensiun sebagai pesepak bola setelah Piala Eropa 2024.

 

Neuer sendiri pertama kali mendapat panggilan bermain di timnas senior pada tahun 2009 pada laga persahabatan melawan Uni Emirat Arab. Dia kemudian akan bermain sebanyak 124 kali untuk timnas Jerman. Penampilan terakhirnya bersama Jerman adalah di Jerman saat berhadapan dengan Spanyol di Babak Perempat-Final Piala Eropa 2024. Sayangnya di laga tersebut, Jerman kalah 2-1 setelah melalui Babak Perpanjangan. Neuer sendiri juga merupakan bagian dari skuad yang menjadi Juara Piala Dunia 2014.

“Setelah lebih dari 15 tahun dan 124 penampilan, karirku di timnas Jerman berakhir,” ujar Neuer dalam postingan Instagramnya. “Siapapun yang kenal denganku tahu kalau keputusan ini tidak mudah. Aku berbincang panjang dengan keluarga dan teman-temanku. Aku merasa ini sudah waktunya untuk pensiun dari timnas.”

Neuer juga mengungkapkan rasa bangganya ketika menjadi kapten Jerman. “Selama tujuh tahun dan 61 laga, aku bisa – setidaknya hingga aku cedera – memimpin timnas Jerman sebagai kapten di lapangan. Itu merupakan sebuah kehormatan yang akan selalu ku kenang selamanya.”

Pensiunnya Neuer tentu membuat pelatih Julian Nagelsmann akan memilih pilihan lain untuk kiper nomor satu. Saat ini, kiper nomor dua timnas Jerman merupakan Marc-Andre ter Stegen. Jika tidak ada halangan, hampir dipastikan dia akan mengambil posisi nomor satu tersebut. Tentunya tugas Nagelsmann adalah menjadi kiper nomor dua sebaik ter Stegen.

Simak informasi sepak bola terbaru secara lengkap di shotsgoal.com.